Senin, 04 Oktober 2010

Tips Agar Anak Tidak Konsumtif

Bila anak sering merengek minta ini, minta itu dan semua ingin dituruti, apa yang harus kita lakukan?

1. Beri penjelasan
Jelaskan kepada anak alasan anda membeli sesuatu. Katakan kepada anak, barang tersebut memang kebutuhan. Jangan takut membicarakan mengenai uang. Bila anda tidak mampu membelikan barang permintaannya, katakan dengan terus terang.

2. Batasi melihat TV
Batasi memnonton TV. Pesan yang disampaikan oleh iklan sering menyesatkan cara berpikir anak-anak. Bantu anak anda dalam mengartikan pesan yang disampaikan oleh iklan-iklan di TV.

3. Ajak beraktivitas
Ajak anak anda menyukai hal-hal yang bukan berupa benda. Lakukan kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga, misalnya naik sepeda, jalan pagi, dll.

4. Jauhi sifat konsumtif
Tidak perlu pesat ulang tahun yang mengeluarkan biaya besar. Buat persetujuan keluarga dalam menentukan biaya untuk membeli kado seperti kado ulang tahun, hadiah lebaran.

5. Ajari mengatur uang

Beri anak uang saku dan bantu mereka megatur keuangan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap terhadap anak usia 9-14 tahun, terlihat, anak yang mendapat uang saku lebih dapat menghemat daripada anak-anak yang tidak mendapatkan uang saku.

6. Jangan dimanjakan
Jangan tunjukkan cinta melalui benda. Membiasakan memanjakan anak-anak dengan benda, hanya akan membentuk anak menjadi konsumtif. Yakinkan anak bahwa mereka dicintai sebagaimana apa adanya mereka.

source: xvid.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar