Senin, 27 September 2010

Bumbu dapur untuk mengobati flu

Hmmm..ini resep lama sebenarnya, semua orang juga tahu bahwa sup hangat bisa meredakan flu, namun sebenarnya bukan pada sup-nyalah yang berkhasiat, tetapi bahan2 yang ada di dalam sup yang sebenarnya berperan penting, seperti bawang putih dan merica..
Bumbu dapur bisa digunakan untuk memperpendek simpton flu dan pilek. Selain mudah didapatkan, harganya juga lebih murah dibandingkan obat keluaran pabrik.

1.Peppermint untuk hidung tersumbat
Peppermint mengurangi inflamasi hidung dan merilekskan jalan napas. Dalam sebuah studi, orang-orang yang menghirup mentol, unsur di dalam peppermint, merasa sumbatan berkurang secara dramatik dibanding yang tidak menghirup mentol.
Contoh pemakaian:
Minum teh peppermint dan hidup uapnya. Atau beri beberapa tetes minyak peppermint pada bantal.

2.Jahe untuk mengatasi pilek dan dingin
Jahe mengandung berbagai senyawa antivirus yang secara khusus memerangi rhinovirus, jenis pilek yang paling umum. Jahu juga membantu menstimulir sirkulasi sehingga membantu mengurangi rasa dingin.
Contoh pemakaian:
Coba minum teh jahe. Atau buat sendiri dengan menyeduh beberapa irisan jahe segar dalam air panas.

3.Bawang Putih Mencegah Pilek
Dalam sebuah studi terkini, partisipan yang makan 1 siung bawang putih sehari berkemungkinan lebih kecil 60% ketularan pilek ketika musim pilek dibanding yang tidak makan. Bawang putih kaya dengan senyawa yang membunuh virus.
Contoh pemakaian:
Makan 1 siung bawang putih sehari. Caranya bisa dengan dicincang dan di tabur di salad atau roti tawar. Atau minum kapsul bawang putih.

4.Kayumanis untuk hidung meler
Bumbu dapur ini adalah astringent yang membantu mengeringkan mucus yang berlebihan di dalam paru dan saluran hidung. Selain itu, juga meningkatkan sirkulasi yang mambuat tangan dan kaki terasa hangat.
Contoh pemakaian:
Taburkan bubuk kayumanis pada roti bakar atau masukkan kayumanis saat menyeduh teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar